Home Top Ad

Responsive Ads Here

Saat akan membeli peralatan listrik, Anda perlu memertimbangkan penggunaan daya listrik alat-alat tersebut. Hal tersebut agar And...

7 Peralatan Elektronik yang Membutuhkan Daya Listrik Tinggi




Saat akan membeli peralatan listrik, Anda perlu memertimbangkan penggunaan daya listrik alat-alat tersebut. Hal tersebut agar Anda dapat menyesuaikan dengan kapasitas daya listrik yang tersedia di rumah. Karena daya yang melebihi kapasitas dapat memutus atau memadamkan arus listrik. Selain itu, semakin banyak daya yang digunakan, tagihan listrik yang harus Anda bayar pun semakin besar.

Peralatan Elektronik dengan Daya Listrik Tinggi

Melakukan riset terhadap daya listrik alat elektronik sebelum membelinya berguna agar barang-barang tersebut bisa digunakan tanpa menghambat arus kelistrikan rumah Anda. Hal tersebut, pada kemungkinan buruk, dapat memadamkan arus bahkan membuat membuat tagihan listrik membengkak. Berikut ini adalah daftar peralatan elektronik yang memerlukan daya listrik tinggi.

Pompa Air

Salah satu peralatan elektronik yang memakan daya besar adalah pompa air listrik, apalagi jika berlangganan air PDAM. Secara daya, pompa ini terdiri atas berbagai jenis mulai dari kapasitas menyedot rendah hingga sangat besar. daya sedot pompa air ini mempengaruhi pemakaian daya listrik rumah Anda. Oleh karena itu, sebelum pembelian, cek terlebih dahulu arus listrik yang dibutuhkan pompa tersebut.

Kulkas

Sebagai mesin pendingin, kulkas memerlukan daya listrik yang tergolong tidak terlalu besar. Akan tetapi memilih jenis kulkas secara tepat perlu Anda lakukan agar tidak menyebabkan kurangnya suplai listrik ke mesin pendingin tersebut. Pada umumnya, kulkas yang digunakan di rumah ada jenis satu pintu dan dua pintu.

Perlu Anda ketahui bahwa semakin besar volume atau kapasitas kulkas, semakin besar pula daya listrik yang diperlukan. Memastikan daya listrik yang dibutuhkan juga perlu Anda lakukan daripada sekadar tertarik dengan desain maupun ukuran kulkas.

Komputer

Laptop ataupun komputer PC sama-sama membutuhkan daya listrik yang tidak kecil. Komputer PC standar tanpa tambahan kartu VGA membutuhkan daya listrik lebih dari 170 watt, sedangkan jika ditambah dengan VGA akan bertambah pula daya listriknya. Untuk komputer dengan VGA lama DDR3, akan menyerap daya listrik mulai 270 watt. Kemudian untuk komputer PC dengan VGA keluaran terbaru akan memakan lebih dari 500 watt.

Rice Cooker

Alat memasak nasi atau rice cooker sangat banyak menyerap daya listrik. Saat Anda memasak nasi, daya listrik yang dibutuhkan adalah 395 watt. Sementara nasi yang telah matang, daya listrik yang digunakan adalah 77 watt.

Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik yang menggunakan daya listrik tinggi. Hal tersebut dengan catatan pemakaian mesin cuci yang tidak rutin, artinya tidak digunakan setiap hari. Daya listrik yang diserap mesin cuci berkisar antara 250 sampai 300 watt.

Setrika Listrik

Bagi warga perkotaan, setrika listrik sulit digantikan dengan alat lainnya. Tidak seperti mesin cuci yang dapat diganti dengan proses mencuci manual atau menggunakan tangan. Setrika listrik memakan daya sekitar 300 watt dengan catatan untuk pemakaian yang sangat sering.

Televisi

Televisi merupakan alat elektronik yang paling banyak ada di setiap rumah. Intensitas pemakaian televisi setiap hari pun sangat tinggi. Dalam sehari saja, orang-orang bisa menyalakan televisi minimal dua atau tiga jam.

Untuk mengakali situasi ini, Anda bisa memakai televisi LED yang yang memakan daya listrik lebih kecil dibandingkan televisi jenis lama, tabung, dan LCD. Televisi LED rata-rata memakan daya listrik sekitar 80-150 watt. Untuk menghemat daya, Anda dapat mengurangi durasi penggunaan televisi.

Itulah tujuh alat elektronik yang memakan banyak daya listrik rumah Anda. alat-alat elektronik tersebut bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak. Namun, Anda tetap dapat mengakalinya dengan salah satunya menggunakan secara bijak alat-alat tersebut.

0 comentários: